DESAIN RUMAH MINIMALIS 6×15

Sebagaimana kita tahu bahwa rumah tipe 36/90 merupakan desain rumah 6×15 yang sudah sangat sering ditawarkan oleh hampir setiap pengembang di Indonesia. Hal ini dikarenakan target pasar mereka yang membidik para keluarga muda yang selalu bertambah di setiap saat. Dengan harga yang cukup terjangkau dan memenuhi standard minimal kebutuhan ruang bagi keluarga kecil maka tipe ini masih menjadi favorite bagi sebagian besar kalangan menengah ke bawah.

Berikut ini adalah contoh denah rumah tipe 36/90.

Denah rumah di samping ini adalah denah rumah yang didesain untuk menampung kebutuhan standard minimal keluarga kecil, lebih tepatnya keluarga baru (muda) yang diasumsikan hanya terdiri dari suami-istri dan 1 anak, atau 2 anak tapi sejenis karena bisa tidur sekamar, itu pun tidak disarankan karena masing-masing anggota keluarga tentunya perlu privasi. Dapur biasanya hanya sekedarnya di teras belakang atau bahkan tidak memasak dan makan beli di luar rumah.

Biasanya setelah terlahir anak pertama, akan ada kegiatan yang lebih merepotkan dari sebelumnya dan tentunya membutuhkan ruang yang lebih dari yang sudah ada, misalnya perlu tempat untuk menaruh baby box, tempat bermain, dan banyak diantaranya memakai jasa baby sitter dan pembantu yang tentunya juga membutuhkan ruang tidur. Oleh karena itulah denah rumah tipe 36/90 tersebut sangat perlu dikembangkan untuk bisa mencukupi kebutuhan ruang untuk keluarga yang semakin berkembang.

Pengembangan Denah Rumah 6×15

Pengembangan rumah bisa dilakukan sesuai budged yang tersedia, bagi Anda yang mempunyai budged lebih bisa melakukan pengembangan menjadi 2 lantai , dan bagi Anda yang hanya ada budged terbatas sebaiknya pengembangan rumah 1 lantai terlebih dahulu.

Berikut ini adalah contoh pengembangan denah rumah tipe 36/90 seperti gambar di atas pada lahan berukuran 6×15 menjadi rumah 1 lantai yang lebih lengkap.

 

Pada denah di samping ini, pengembangan hanya dilakukan untuk memisahkan kegiatan ruang tamu dengan r. keluarga sehingga keluarga tetap bisa menikmati kehangatan kumpul bersama, nonton TV tanpa terganggu karena kehadiran tamu di dalam rumah. Dinding belakang digeser ke belakang sehingga segaris dengan dinding r. tidur dengan target r. keluarga  bisa lebih lega dari sebelumnya.

Dapur dibuat di sudut belakang rumah dan dibuat terbuka sehingga asap dari kompor bisa langsung terbuang keluar dan lebih nyaman untuk memasak.

Pintu akses dari r. makan ke taman/dapur dibuat transparan, yaitu berupa pintu kaca full sehingga r. makan dan r.keluarga lebih terang dari pencahayaan alami dan lebih sehat.

Ruang tamu yang diletakkan di luar menjadikan ngobrol lebih asik dan tamu tidak bisa melihat hal-hal yang menjadi privasi tuan rumah sehingga akan lebih nyaman di hati.

Sekian dulu dari saya, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat bagi Anda semua yang sedang mencari inspirasi desain pengembangan rumahnya dan bagi saya semoga menjadi pahala dunia-akhirat, amien…

Salam Bahagia untuk Anda semua….:)

 

Pencarian dari google:

This entry was posted in Pengembangan rumah 6x15 and tagged , . Bookmark the permalink.

15 Responses to DESAIN RUMAH MINIMALIS 6×15

  1. Alex says:

    Saya mau membuat rumah minimalis modern 2 lantai ukuran tanah 6m x 18m, bagaimana ya tampak depan & samping; eksterior design nya, saya juga bingung menentukan posisi ruangan sesuai fengsui, saya mohon bantuannya di buatkan gambar denah rumah komplit ( Tampak depan, tampak samping, tampak atas, detail tangga dan eksterior design nya ), saya ucapkan terima kasih .Salam,Adi S

    • rumah minimalis says:

      Terimakasih Pak Adi S atas kunjungannya, akan segera kami proses desain setelah Bapak mengikuti langkah-langkah pemesanan sebagaimana telah dijelaskan dalam Cara Pemesanan dalam halaman Pemesanan Jasa Desain.

      Demikian, karena kami sangat membutuhkan alamat email atau kontak Bapak untuk proses konsultasi.

      Regards,

      • tri laksana says:

        boleh dong pak sapto desainya rumah minimalis 2 lantai 6×15,
        saya juga pengin bangun rumah.boleh dong ditularkan ilmu desain rumahnya
        saya tunggu responya…
        thx sebelumnya

      • Marisa says:

        amin – Sory gan, mau konsultasi. Lantai 2 rumhaku pengin kudesain banyak cahaya dan angin. maka kubuat lobang angin yang cukup banyak. tetapi hal ini dilakukan oleh tukangnya setelah finishing, karena usulan dariku muncul setelah finishing itu. Sehingga tidak sempat memberi topi pelindung buat angin-anginnya. Jadilah setiap hujan air masuk, lantai dua selalu basah. malah tembok dan plafonnya jamuran. Ada saran Ban? terimakasih

        • sapto.arsitek says:

          Baik Pak Amin

          Untuk mengatasi lubang-lubang angin dari tempias hujan maka harus dilihat bentuk dan ukuran lubang angin yang sudah dibuat, jika berbentuk kotak cukup lebar maka sebaiknya menggunakan Bovenlight zigzag (Jendela kaca mati overlap) sehingga hujan ga bisa masuk tapi angin tetep masuk. Untuk dinding jamuran karena lembab, setelah air hujan teratasi, dinding bisa dikupas dan dicat ulang dengan cat acrilyc emultion, sekarang banyak merk yang menawarkan cat anti jamur dan anti bactery, silahkan explore di toko/swalayan bangunan.

          Salam sukses

          Sapto

  2. Fantastic site. A lot of helpful info here. I’m sending it to some pals ans also sharing in delicious. And naturally, thanks in your sweat!

  3. karta kartianus says:

    selamat sore pak. Kami punya kapling tanah dgn ukuran 9x 15 m dengan posisi di pojok-an. Sebelah selatan dan barat merupakan jalan. (ukuran panjang (15 m) memanjang dari timur ke barat). kami ingin membangun rumah minimalis dengan 2 kamar tidur dan memiliki taman depan dan belakang. Tapi saya bingung bagaimana letak ruangan dan desain eksteriornya. jadi saya mohon bantuan bapak bagaimana desainnya (layout). Mohon bantuannya. TErimaksih

    • sapto.arsitek says:

      Terimakasih atas kunjungan Bapak ke website http://www.desainrumahtinggal.com, bangunan yang Bapak maksud 1 atau 2 lantai?

    • sapto.arsitek says:

      Pak Karta, bila mencermati ukuran dan posisi tanah Bapak, maka desain bangunannya bisa dimaksimalkan untuk penampilan tampak, hampir sebagian besar sisi bangunan akan terekspose, oleh karena itu eksplorasi tampak melalui 3D sangat diperlukan.

      Untuk memaksimalkan tersedianya taman dan untuk mengoptimalkan sirkulasi udara, maka sebisa mungkin denah yang ada tidak sampai memenuhi lahan, jika kebutuhan ruang-ruang yang ada cukup komplit maka sebaiknya dibuat menjadi 2 lantai.

  4. mohammad saipul says:

    Pak aq mnt tolng bgi2 ilmunya… aq mau buat rumh dg luas tanah 6×17 dg 3 kamar dan 1lntai… sy tnggu denah rumhny..mksh

  5. Habibi says:

    Appreciate it for this grand post, I am glad I discovered this web website on yahoo.

  6. siti says:

    pak minta tolong dibuatkan denah sisa tanah belakang 5×6 untuk dapur musollah dan 1 kamar tidur posisinya gimana yang baik

    • sapto.arsitek says:

      Untuk menentukan posisi mushollah maka perlu mengetahui arah hadap rumahnya, jika kebetulan rumah Ibu menghadap ke Timur maka Mushollah bisa di sisi kanan atau kiri dari sisa tanah belakang tsb, tapi jika rumah Ibu menghadap ke Utara, maka sebaiknya diposisikan di area yang lebih dekat ke Kiblat (arah Ka’bah).
      Untuk lebih jelasnya mohon kirimkan gambar Denah Eksisting rumah Ibu Siti agar bisa saya bantu untuk perletakannya.

      Wassalaam…
      Sapto

    • Cesar says:

      kl kita mau pesan bentuk seusai keinginan bisa gak?saya ada contoh foto ato tempat gazebo seusai yg saya mauestimasi biaya kira2 berapa? (contoh gazebo minimalis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>